Apel Tiga Pilar Kabupaten Sumba Tengah Dalam Rangka Percepatan Pencapaian Vaksinasi, Kapolres Sumba Barat Optimis Akhir Bulan Januari Capai 70%

Apel Tiga Pilar Kabupaten Sumba Tengah Dalam Rangka Percepatan Pencapaian Vaksinasi, Kapolres Sumba Barat Optimis Akhir Bulan Januari Capai 70%

Tribratanewssumbabarat.com; Dalam rangka percepatan pencapaian vaksinasi COVID-19, Pemda Sumba Tengah, Polres Sumba Barat dan Kodim 1613 Sumba Barat menggelar apel sinergitas tiga pilar. Apel yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Sumba Tengah itu diikuti ratusan personel gabungan.


Dalam sambutannya, Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., mengatakan bahwa dari 22 Kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) tersisa 6 Kabupaten yang capaian target vaksinasinya masih dibawah 70%, salah satunya adalah Kabupaten Sumba Tengah.


“Oleh karena itu, saya mengumpulkan seluruh pasukan tiga pilar mulai dari yang paling rendah, Bhabainsa, Bhabinkmtibmas, rekan-rekan Kades kemudian Camat, Danramil dan Kapolsek,” ucapnya didepan personel gabungan yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Kades se Kabupaten Sumba Tengah itu.

 


AKBP Irwan menuturkan bahwa kesehatan masyarakat itu harus diutamakan, dalam membangun masyarakat khususnya di Sumba Tengah, karena tanpa ada kesehatan mustahil seluruh aspek dapat berjalan dengan baik.


“Rekan-rekan bisa rasakan bersama, kita mau kerja bagaimanapun kalau istri kita sakit, anak kita sakit, tidak akan mungkin kita bisa fokus dalam bekerja,” imbuhnya.


Oleh karena itu, menurut AKBP Irwan, kolaborasi, koordinasi dan kerjasama untuk mencapai sinergitas, rekan-rekan tiga pilar yang ada dilapangan mempunyai peran penting.


“Akhir bulan januari kita harus mencapai 70%, setelah itu baru kita bisa melaksanakan capaian target yang lain, dimana nanti di bulan Maret kita harus bisa mencapai target 100%,” jelasnya.

 


Ia meminta agar Bhabinsa, Bhabinkamtibmas terutama 29 Kades yang baru dilantik untuk selalu semangat dan mendatakan kembali mulai dari dusun-dusun masyarakat yang belum divaksin.


“Saya katakan, saya optimis diakhir bulan Januari masyarakat di Sumba Tengah bisa mencapai target 70%. Tentu saja harus ada sinergitas dari tiga pilar, kolaborasi, koordinasi, kerjasama dan komunikasi. Saya minta khususnya Kades segera lakukan maping dan pendataan masyarakat yang belum di vaksin baik itu dosis 1 maupun dosis 2, karena nanti pada awal bulan Februari kita akan melaksanakan vaksinasi dosis ke 3 yaitu booster,” tandasnya.


Hal senada diungkapkan Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Inf. Czi. Rahadian Firnandi, S.Hub., Int., bahwa capaian target vaksinasi dapat terlaksana apabila ada kerjasama yang baik dari semua pihak terutama tiga pilar agar dapat mewujudkan herd immunity (kekebalan komunal) di Sumba Tengah.


“Yang kita butuhkan itu kerjasama, kita harus mencapai herd immunty. Saya berharap yang belum divaksin baik itu dosis 1 maupun dosis 2 mau di vaksin. Sesuai arahan bapak Presiden kita harus mencapai target 70%, kita masih punya waktu, saya optimis kita bisa. Bukan saatnya lagi kita mengeluh, harus semangat, Sumba Tengah harus sehat,” katanya.

 

 


Diakhir sambutannya, Letkol Rahadian mengingatkan kita semua bahwa masa pandemi COVID-19 belum berakhir, tetap waspada dan tetap laksanakan protokol kesehatan.


“Saya ingatkan kembali, pandemi belum usai jadi tetap gunakan masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer. Semoga masa pandemi COVID-19 segera berakhir,” tandasnya.


Penulis : Kumbara
Editor   : Konan
Editor   : Jamet
Penanggung jawab : Been7.