Pastikan Personel Bugar, Polres Sumba Barat Gelar Samjas

Pastikan Personel Bugar, Polres Sumba Barat Gelar Samjas
Personel Polres Sumba Barat melaksanakan tes Samjas berkala. Lapangan Manda Elu, Waikabubak, Sumba Barat. Selasa (28/2/2023). (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Polres Sumba Barat menggelar kegiatan Kesamaptaan Jasmani (Samjas) berkala periode I tahun 2023, bertempat di Lapangan Manda Elu, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.

 

Semestinya, kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 22 s/d 24 Februari 2023 lalu. Namun, pelaksanaan hari ke-3 baru digelar hari ini. Selasa (28/2/2023).

 

“Samjas merupakan kegiatan yang sudah diagendakan setiap 6 bulan sekali, seharusnya berakhir pada tanggal 24 Februari kemarin. Namun karena padatnya kegiatan, baru terlaksana hari ini,” jelas Kabag SDM AKP Ngakan Darmawan.

 

 

Sebelum melaksanakan Samjas, kata AKP Ngakan, kesehatan personel akan di cek, meliputi pemeriksaan tekanan darah, saturasi oksigen dalam darah, denyut nadi, tinggi berat badan dan pemeriksaan suhu tubuh dan dilanjutkan dengan pemanasan.

 

 

Adapun beberapa materi tes kesamaptaan jasmani yang harus dilalui personel, yakni lari 12 menit, pull up, push up, sit up dan shuttle run, serta beladiri Polri.

 

 

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur dan meningkatkan kebugaran tubuh personel. Karena personel Polri dituntut memiliki fisik yang prima dalam pelaksanaan tugas, apalagi saat ini cuaca kurang bersahabat,” tambah AKP Ngakan.

 

AKP Ngakang Darmawan juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Samjas merupakan salah satu faktor pendukung pengembangan karier anggota Polri.

 

“Samjas merupakan salah satu faktor pendukung pengembangan karier anggota Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Sespim, Sespimma, Sekolah Inspektur Polisi dan Sekolah Alih Golongan serta merupakan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat,” pungkas AKP Ngakang.

 

 

Penulis : Jamet:

Penulis : Mondy;

Penulis : Kris J;

Editor  : Kumbara;

Penanggung Jawab : Ben7.