Laksanakan Jumat Curhat Bersama Masyarakat Desa Kodaka, Polres Sumba Barat Dapatkan Banyak Masukan

Laksanakan Jumat Curhat Bersama Masyarakat Desa Kodaka, Polres Sumba Barat Dapatkan Banyak Masukan
Jumat Curhat Polres Sumba Barat di Desa Kodaka, Kec. Kota Waikabubak, Kab. Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com " Kegiatan Jumat Curhat merupakan salah satu program kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Polres Sumba Barat dan Polsek jajaran. Dengan tujuan menyerap aspirasi dan mendekatkan diri bersama masyarakat serta menyerap informasi situasi kamtibmas ditengah masyarakat. Selain menyerap informasi seputar situasi kamtibmas di wilayah tersebut, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meberikan masukan terkait pelaksanaan tugas kepolisian yang dilaksanakan oleh Polres Sumba Barat bersama Polsek jajaran.


Dalam pelaksanaan jumat curhat pagi ini, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K. M.H., menunjuk Kasat Binmas Polres Sumba Barat Iptu Sumarmo untuk melaksanakan kegiatan sesuai jadwal yang telah ditentukan, ikut pada pelaksanaan kegiatan tersebut, Kasat Reskrim Polres Sumba Barat Iptu Donatus Sare, S.H., M.H., dan KBO Satuan Lalulintas Ipda Ahmad Suparlan serta sejumlah personel Polres Sumba Barat.


Pelaksanaan jumat curhat dilaksanakan di Desa Kodaka, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Desa Kodaka Marten Djaga Tarawatu bersama seluruh ketua RT/RW dan perangkat desa Kodaka.


Beberapa masukan masyarakat diterima oleh Kasat Binmas Polres Sumba Barat pada pelaksanaan kegiatan pagi ini. Diantara masukan serta keluhan masyarakat terkait situasi kamtibmas di wilayah tersebut, hal yang paling sering menjadi aduan masyarakat ialah kerawanan akan adanya tindak pidana pencurian, kenakalan remaja diantaranya dengan mengkonsumsi miras dan mengendarai kendaraan berkenalpot racing, penyelesaian maslah utang piutang, serta pengurusan SIM.


Menanggapi hal tetsebut, Kasat Binmas akan menyampaikan semua keluhan warga desa kodaka akan kami sampaikan kepada pimpinan guna sebagai bahan evaluasi dan dilakukan tindakan lebih lanjut. Pada kesempatan tersebut, Kasat Binmas Polres Sumba Barat juga meminta kepada warga setempat untuk berpartisipasi dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan damai dengan mengingatkan kepada anak-anaknya agar tidak mengkonsumsi miras maupun menggunakan knalpot racing.


Menyikapi pelaksanaan ronda malam atau Pos Kamling yang akan ditingkatkan, Kasat binmas mendukung penuh rencana tersebut dan akan meminta bhabinkamtibmas setempat untuk hadir mendampingi pelaksanaan penjagaan dimalam hari. Sedang terkait kesulitan yang disampaikan masyarakat dalam pengurusan sim yang harus menyertakan surat keterangan sehat, Kaur Bin Opsnal Satuan Lalulintas Polres Sumba Barat menyampaikan itu merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam pengajuan pengurusan SIM.


Tak lupa Kasat Binmas menyampaikan kepada masyarakat setempat, terutama jelang pemilu di tahun 2024 mendatang, dimana tahun 2023 ini sudah berjalan tahapan-tahapan pemilu. Kiranya masyarakat setempat tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Silahkan laporkan setiap ancaman gangguan kamtibmas yang terjadi diwilayah tersebut melalui Call Center Polres Sumba Barat (081338518300).


Penulis : Mondy;

Penulis: Jamet;

Editor :Kumbara;

Penanggung Jawab :Ben7.