Kapolres Sumba Barat Kerahkan Ratusan Personel Gabungan, Pasola Wanukaka Berjalan Kondusif

Kapolres Sumba Barat Kerahkan Ratusan Personel Gabungan, Pasola Wanukaka Berjalan Kondusif
Kapolres Sumba Barat pimpin pengamanan Pasola Wanukaka. Senin (13/3/2023). (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., kerahkan ratusan personel gabungan dalam rangka pengamangan Pasola Wanukaka di Lapangan Lahihagalang, Wanukaka, Sumba Barat. Senin (13/3/2023).

 

“Personel gabungan tersebut berjumlah kurang lebih 375 orang, terdiri dari personel TNI, Polri, Pol PP dan Dishub Kabupaten Sumba Barat,” jelasnya.

 

 

Mantan Kabag Analis Ditintelkam Polda NTT ini mengatakan, seluruh personel tersebut ditempatkan pada beberapa area guna memaksimalkan pengamanan.

 

Ada 7 area, jelasnya, mulai dari Simpang Jembatan Katikuloku, Pertigaan Kantor Camat Wanukaka, Cabang Weegali, Perempatan SMP Kristen Wanukaka, Simpang PLN, Pertigaan Cabang Parirara dan Lapangan Lahihagalang (lokasi Pasola).

 

“Adapun personel pengamanan dibagi menjadi 10 tim, tim pengamanan di lokasi Pasola, tim pengamanan di sisi Utara dan Selatan lokasi Pasola, tim negosiator dan pemeriksaan, tim dalmas, tim pengamanan tertutup, tim mobile, tim kawal Rato, tim dokumentasi, tim medis dan sound system serta tim pengecekan personel pengamanan,” paparnya.

 

 

Kemudian pola pengamanan yang diterapkan pada atraksi Pasola Wanukaka ini mengedepankan tindakan humanis namun tegas serta pendekatan secara persuasif.

 

“Dengan terus memberikan imbauan Kamtibmas baik kepada penonton maupun pemain atraksi Pasola itu sendiri,” ucapnya.

 

 

Dikatakan Kapolres, penonton bukan hanya warga lokal saja, bahkan penonton dari manca  negara ikut menyaksikan keseruan dan ketegangan atraksi Pasola Wanukaka ini.

 

“Sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab kami untuk memastikan keamanan penonton maupun pemain atraksi Pasola itu sendiri,” tandasnya.

 

Berjalannya atraksi, sempat terjadi kericuhan akibat adanya aksi provokasi dari salah satu kelompok peserta atraksi dan penonton. Namun, dengan kesigapan Kapolres Sumba Barat bersama seluruh personel pengamanan, situasi dapat kembali kondusif. Atas kejadian tersebut, atraksi Pasola pun berakhir.

 

 

Penulis: Jamet.
Penulis: Mondy.
Editor: Kumbara.
Editor: Kris J.
Penanggung Jawab: Ben7.