Anggota Polri Ipda Fridus Bere Terima Penghargaan Medali Kehormatan dari Presiden Timor Leste

Anggota Polri Ipda Fridus Bere Terima Penghargaan Medali Kehormatan dari Presiden Timor Leste

Tribratanewssumbabarat.com; Inspektur Polisi Dua (Ipda) Albertus Fridus Bere, Anggota Kepolisian Resor (Polres) Malaka, Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak setelah menerima penghargaan Medali Kehormatan atas Tindakan Kemanusiaannya bagi Timor Leste. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Presiden Republik Demokratik Timor Leste, Jose Manuel Ramos Horta, dalam sebuah upacara di Istana Lahane, Dili, pada Senin (27/11/2023) lalu.

Ipda Fridus Bere mengakui bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil dari dukungan dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak, termasuk Bapak Kapolri, Kapolda, Kapolres Malaka, dan masyarakat Malaka serta Indonesia pada umumnya.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi terhadap jasa Ipda Fridus Bere yang telah membantu menyelamatkan nyawa seorang warga negara Timor Leste beberapa tahun yang lalu. Komisaris Besar Polisi Don Da Costa, Atase Polri KBRI Dili, menyatakan bahwa Ipda Fridus menerima penghargaan tersebut atas tindakan kemanusiaannya yang luar biasa.

Kantor Atase Polri KBRI Dili mencatat bahwa Presiden Timor Leste, Dr. Jose Manuel Ramos Horta, memberikan penghargaan setelah mendapat informasi terkait tindakan kemanusiaan Ipda Fridus Bere terhadap warganya. Hal ini menjadi dasar untuk memberikan penghargaan khusus bagi Ipda Fridus Bere atas dedikasinya dalam melaksanakan tugas sebagai polisi perbatasan dengan tegas namun penuh humanis.

Ipda Fridus Bere, yang juga merupakan salah satu penerima Hoegeng Awards 2023 dan telah mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengaku bersyukur atas anugerah ini. Dia menyampaikan terima kasih kepada Tuhan dan Polri yang telah mempercayainya untuk melaksanakan tugas di perbatasan.

Prestasi dan integritas Ipda Fridus Bere telah diakui oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Sigiranus Marutho Bere, salah satu pembaca detik.com yang mengenal Ipda Fridus, mengusulkan namanya untuk Hoegeng Awards 2023 melalui formulir online. Sigiranus menggambarkan Ipda Fridus sebagai sosok yang memiliki sepak terjang baik selama menjaga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Malaka, NTT.

Ipda Fridus Bere menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari proses kajian dan uji petik yang dilakukan oleh KBRI Dili. Dia menerima anugerah tersebut dengan rasa syukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya dalam melaksanakan tugas di perbatasan.