Satuan Samapta Polres Sumba Barat Lakukan Pengamanan Unjuk Rasa Aliansi Pemuda Mamboro Tolak Pembangunan Incenerator

Satuan Samapta Polres Sumba Barat Lakukan Pengamanan Unjuk Rasa Aliansi Pemuda Mamboro Tolak Pembangunan Incenerator

Tribratanewssumbabarat.com ; Unjuk rasa atau demonstrasi (demo) merupakan sebuah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Hal tersebut biasa dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok yang dilaksanakan oleh suatu pihak.

Hari ini, Aliansi Pemuda Mamboro (APM) melakukan aksi unjuk rasa damai menolak proyek Incenerator Pembakaran Limbah B3 (berbahaya dan beracun) yang akan di bangun di Desa Cendana, Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Sumba Barat AKBP. FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., memerintahkan personelnya untuk melakukan pengamanan di tempat unjuk rasa.

Pengamanan dipimpin oleh KBO Samapta Polres Sumba Barat, Aipda Arnol R. E. Selan bersama 15 personelnya. Selasa, (12/10).

“Sesuai arahan Kapolres, tugas kita mengamankan jalannya aksi unjuk rasa dengan mengedepankan tindakan humanis,” kata Arnol.

Penyampaian orasi dan tuntutan oleh Asra Bulla J. Jara selaku penanggung jawab diterima oleh Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa.

Asra mengungkapkan bahwa sumber air di Desa Cendana terbatas dan sangat bergantung dengan tadahan air hujan. Oleh karena itu adanya Incenerator akan berdampak pada pencemaran terhadap masyarakat sekitar.

 

 

Usai berorasi, APM membubarkan diri dengan tertib, unjuk rasa yang dilakukan oleh kurang lebih 30 pemuda mamboro tersebut berjalan dengan kondusif dari awal hingga akhir kegiatan.

“Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Pemuda Mamboro itu berjalan dengan aman, mereka menyampaikan pendapat sesuai dengan prosedur,” tandas Arnol.

 

 


Penulis ; Kumbara
Penulis  ; Konan 
Penulis ; Jamet
Editor ; Been7