Sambang Warga Binaanya, Bhabinkamtibmas Imbau Peternak Cegah PMK dengan Jaga Kebersihan

Sambang Warga Binaanya, Bhabinkamtibmas  Imbau Peternak Cegah PMK dengan Jaga Kebersihan
Bhabinkamtibmas Polsek Loli Bripka Orlando Mahoklory Saat Menyambangi Warga Binaanya di Desa Uburaya,Kecamatan Loli,Kabupaten Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com - Cegah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak Ruminasia yang saat ini sedang melanda di beberapa wilayah. Personel Bhabinkamtibmas Polsek Loli  Bripka Orlando Mahoklory aktif dalam melakukan langkah – langkah antisipasi masuknya wabah PMK tersebut dengan melaksanakan sambang ke warga binaan yang memelihara  hewan di Desa Uburaya,Kecamatan Loli,Kabupaten Sumba Samba Barat, Kamis(1/09/22).

 

Patroli dialogis dengan menyambangi pemilik Ternak di Desa Uburaya,Kecamatan Loli dilakukan personel untuk mengetahui secara langsung kondisi hewan ternak di wilayah Binaanya.

 

Kapolsek Loli  Ipda Saihul Prinadi mengatakan, kegiatan tersebut salah satu bentuk antisipasi Polres Sumba Barat dalam menanggapi Wabah PMK yang saat ini sedang marak. “Personel kami menyambangi tempat-tempat peternakan hewan terutama sapi,kuda dan hewan rumanansia lainya untuk memantau kondisi hewan, selain itu personel juga berdialog dengan pemilik atau pengelola peternakan,” jelas Kapolsek Loli.

 

Personel Bhabinkamtibmas juga menyampaikan sosialisasi dan edukasi kepada para peternak sapi terkait penyebaran Wabah PMK, terutama ciri-ciri hewan ternak yang terindikasi tertular penyakit itu. “Dengan menjaga kebersihan kandang dan hewan ternak harapannya dapat mencegah PMK,” ujarnya.

 

Sementara hasil di lapangan belum ditemukan indikasi hewan ternak jenis Ruminasia  yang terserang wabah PMK dan masih dalam keadaan baik dan sehat.

 

Polres Sumba Barat beserta polsek jajaran turut berpartisipasi membantu upaya antisipasi dan pencegahan masuknya wabah PMK. “Kami pun berharap kepada masyarakat agar turut membantu serta mendukung upaya tersebut,”pungkasnya.

 

 

Penulis : Mondy

Penulis : Jamet

Editor  : Kumbara

Penanggung jawab : Been5758