Menunjang Kebugaran Tubuh Personil, Polres Sumba Barat Laksanakan Samjas Berkala

Menunjang Kebugaran Tubuh Personil, Polres Sumba Barat Laksanakan Samjas Berkala

Tribratanewssumbabarat.com - Polres Sumba Barat melaksanakan kegiatan Kesamaptaan Jasmani (Samjas) berkala periode I tahun 2021 bertempat di Lapangan Manda Elu, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat. Rabu (19/5/21), pukul 08.00 Wita.

 

Kegiatan ini di laksanakan selama 3 (tiga) hari mulai dari hari Rabu 19 Mei 2021 sampai dengan Jumat 21 Mei 2021, kegiatan samjas ini merupakan kegiatan yang sudah diagendakan setiap 6 bulan sekali.

 

Sebelum melaksanakan tes samjas personil diperiksa terlebih dahulu mengenai kesehatan antara lain pemeriksaan tekanan darah, saturasi oksigen dalam darah, denyut nadi, tinggi berat badan dan pemeriksaan suhu tubuh dan dilanjutkan dengan pemanasan.

 

Adapun beberapa materi tes kesamaptaan jasmani yang harus dilalui personil yaitu lari 12 menit, Pull Up, Push Up, Sit Up dan Shuttle Run.

 

 

 

Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur dan meningkatkan kebugaran personel. 

 

“Hal ini menjadi penting karena setiap personil Polri dituntut memiliki fisik yang prima dalam pelaksanaan tugas, apalagi pada masa pandemi ini personil harus menjaga pola makan dan rajin berolahraga agar tidak terjangkit Covid-19,” ujar Kapolres.

 

Sebelum pelaksanaan dimulai Kabag Sumda Polres Sumba Barat AKP Muhamad Nur Daud memberikan arahan kepada para peserta agar serius dalam pelaksanaan tes samjas tersebut dan menjelaskan tes samjas merupakan salah satu faktor pendukung pengembangan karier anggota Polri.

 

“Samjas merupakan salah satu faktor pendukung pengembangan karier anggota Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Sespim, Sespimma, Sekolah Inspektur Polisi dan Sekolah Alih Golongan serta merupakan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat,” pungkas Kabag Sumda.

 

 

Penulis ; Kumbara

Penulis  ; Konan 

Penulis ; Jamet

Editor ; Boediono