Laksanakan Instruksi Kapolres, Bhabinkamtibmas Imbau Warga Siaga Cuaca Ekstrem

Laksanakan Instruksi Kapolres, Bhabinkamtibmas Imbau Warga Siaga Cuaca Ekstrem
Bhabinkamtibmas Polres Sumba Barat Briptu Gede menyambangi warga binaannya di Kelurahan Kampung Baru. Senin (6/2/2023). (Dok: Pers Bhbn Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Bhabinkamtibmas Polres Sumba Barat Briptu Gede Adi Suardhiawan, S.H., menyambangi salah satu warga binannya di Kelurahan Kampung Baru, Kota Waikabubak. Senin (6/2/2023), pagi.

 

“Sesuai instruksi Kapolres Sumba Barat usai apel pagi tadi, sambang kali ini guna mengimbau warga agar siap siaga terkait prakiraan cuaca ekstrem yang diinformasikan oleh BMKG pada Minggu (5/2), kemarin,” ujarnya.

 

Menurut informasi yang didapat, kata Gede, BMKG mendeteksi kemunculan tiga bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia. Yang mana kondisi ini berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem berupa hujan dan disertai angin kencang di sejumlah daerah selama sepekan kedepan (6-12 Februari 2023).

 

Adapun wilayah dengan potensi dampak hujan lebat disertai angin tersebut meliputi, Banten, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

 

“Bahkan efek tersebut sudah mulai kita rasakan, sudah dua hari ini Sumba Barat mengalami hujan disertai angin kencang. Maka dari itu kita semua harus siaga dan waspada menghadapi cuaca ekstrem ini,” jelasnya.

 

Oleh BMKG, lanjutnya, kita dianjurkan untuk melakukan penataan lingkungan dengan baik, tidak membuang sampah dan melakukan penebangan pohon sembarangan serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

 

"Mulailah membersihkan dahan dan ranting pohon yang sudah rapuh di sekitar rumah dengan melakukan pemangkasan. Periksa setiap selokan yang ada, jika memang ada sampah segera bersihkan guna mencegah terjadinya banjir," imbuhnya.

 

Di akhir sambangnya, Briptu Gede berharap kepada warga apabila mendapati suatu permasalah segera informasikan secepatnya.

 

“Bisa langsung hubungi saya atau menelpon layanan call center Polres Sumba Barat 110,” pungkasnya.

 

 

Penulis : Jamet.
Penulis : Mondy.
Editor  : Kumbara.
Editor  : Kris J.
Penanggung Jawab : Ben7.