Jamin Kelancaran Ritual Adat Pengambilan Air Pemali ( Kawuku ), Polres Sumba Barat Lakukan Pengamanan

Jamin Kelancaran Ritual Adat Pengambilan Air Pemali ( Kawuku ), Polres Sumba Barat Lakukan Pengamanan
Personel Polres Sumba Barat saat melaksanakan pengamanan ritual adat Kawuku ( Pengambilan Air Pemali ) Dalam Rangka Ritual Adat Wulla Poddu, Dok.Humas Polres Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com ~ Sumba Barat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang di kenal dengan adat dan budaya nya. Sebut saja salah satu pesta adatnya yang kerap mendatangkan wisatawan asing yakni Wulla Poddu. Ritual adat tersebut merupakan ritual yang dilaksanakan oleh aliran kepercayaan Marapu yang ada di Kabupaten Sumba Barat. Salah satu Kampung adat yang melaksanakan ritual adat tersebut yaitu Kampung Tarung.

 

Guna menjamin kelancaran jalannya ritual adat tersebut, Kepolisian Resor Sumba Barat melakukan pengamanan dan pengawalan pelaksanaan Dede Kawuku dalam ritual adat Wulla Poddu di Kampung Tarung, Kelurahan Sobwawi, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Minggu (13/11/2022) sore.

Dede Kawuku yang berarti mengambil air suci tersebut dipimpin oleh pemangku adat Rato Uma Marapu Bapak Toku Yangu bersama para Rato dari beberapa suku yang berkumpul di Kampung Tarung menuju Ubu Pede untuk mengambil air suci.

 

“Wulla Poddu adalah serangkaian ritual adat yang dilakukan oleh masyarakat asli Sumba Barat, Wulla Poddu merupakan warisan budaya yang berkaitan erat dengan agama Merapu dan tentu saja harus dilestarikan,” ucap Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata,S.I.K.,M.H.

 

Secara etimologi, Wulla berarti bulan sedangkan Poddu berarti pahit sehingga Wulla Poddu dapat diartikan sebagai Bulan Pahit. Penamaan ini disebabkan dalam kurun waktu tersebut masyarakat setempat menjalani sejumlah pantangan. Ritual ini dipercaya sebagai cara menjaga keharmonisan hidup manusia dengan leluhur, alam, dan hewan, fase pembersihan diri, memohon keberkatan hidup sekaligus sebagai sebuah bentuk rasa syukur.

 

“Ritual adat ini telah menjadi perayaan tahunan yang diadakan di beberapa kampung di Sumba Barat, salah satunya di Kampung Tarung ini. Waktu dan lokasinya juga berbeda-beda, namun pada umumnya ritual ini diadakan pada akhir tahun,” tambah Kapolres.

 

Kapolres Sumba Barat menjelaskan, pihaknya melakukan pengamanan dan pengawalan guna mencegah hal-hal yang dapat mengganggu proses jalannya ritual adat Wulla Poddu tersebut.

 

“Pengamanan dan pengawalan yang dilakukan oleh Polres Sumba Barat merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat ritual adat berlangsung serta sebagai bentuk menghargai dan melestarikan warisan budaya yang berharga ini,” tandasnya.

 

 

 

Penulis : Kumbara

Editor   : Konan

Editor   : Jamet

Penanggung jawab : Been7.