Disela Acara Syukuran Hari Bhayangkara Ke - 75, Kapolres Sumba Barat Meresmikan Gedung SPKT dan Melaunching Aplikasi Polisi Pasola

Disela Acara Syukuran Hari Bhayangkara Ke - 75, Kapolres Sumba Barat Meresmikan Gedung SPKT dan Melaunching Aplikasi Polisi Pasola

Tribratanewssumbabarat.com ; Setelah mengikuti Upacara Hari Bhayangkara  Ke - 75 secara virtual, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran Hari Bhayangkara.

 

Acara Syukuran Hari Bhayangkara Ke 75 yang bertempat di Mapolres Sumba Barat, dipimpin oleh Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K.,M.H., serta dihadiri oleh Bupati Sumba Barat Yohanis Dade,SH, Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S.K.Limu,  Dandim 1613 Sumba Barat ( yang mewakili ), Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Ketua Kejaksaan Negeri Waikabubak ( yang mewakili ), Ketua Pengadilan Agama Sumba Barat, Waka Polres Sumba Barat, Wadanki Brimob Sumba Barat, para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek jajaran Polres Sumba Barat.

Disela acara Syukuran Hari Bhayangkara, Kapolres Sumba Barat juga meresmikan Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti sebagai simbol diresmikan. Selain hal tersebut, Kapolres Sumba Barat juga melaunching 7 program unggulan Polres Sumba Barat berbasis online yang dirangkum dalam sebuah aplikasi yang diberi nama " Aplikasi Polisi Pasola "

 

Selanjutnya, dalam rangka Hari Bhayangkara le - 75, Kapolres Sumba Barat yang didampingi oleh Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Sumba Barat memberikan nasi tumpeng kepada peraonil tertua dan personil termuda di Polres Sumba Barat.

Dalam kegiatan syukuran tersebit, Kapolres Sumba Barat juga membacakan amanat Kapolda Nusa Tenggara Timu ( NTT) :

1. mengawali sambutan ini, senantiasa kita haturkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-NYA, pada hari ini kita dapat mengikuti acara syukuran peringatan Hari Bhayangkara  ke-75 tahun 2021 secara sederhana, penuh dengan rasa kekeluragaan dan rasa syukur.

2. Selaku Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, saya mengucapkan selamat Hari  Bhayangkara ke-75 kepada seluruh keluarga  besar Polda Nusa Tenggara Timur, semoga seluruh karya pengabdian menjadikan Polri semakin dicintai masyarakat.
 
3. momentum peringatan Hari Bhayangkara  tahun ini terasa sangat berbeda, hal ini berkaitan dengan adanya pendemi covid-19 yang saat ini sedang mewabah di indonesia, maka pelaksanaan syukuran peringatan Hari Bhayangkara ke-75 kali ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan sederhana, namun demikian tidak mengurangi makna yang sesungguhnya.

4. Tema Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021 yakni " Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid- 19 Untuk Masyarakat Dehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Ondonesia Maju "

5. Tema ini mengandung makna bahwa tugas pokok Polri sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang nomor 2 tahun 2002 di mana Polri selaku pelindung, pengayom dan pelayan  masyarakat serta penegakan hukum.

6. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Polri untuk mewujudkan Polri yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (Presisi) oleh karenanya, Polri menjadi salah satu pilar perekat keutuhan NKRI bersama TNI, Pemerintah serta seluruh stakeholder.
 
7. Gelombang kedua covid-19 saat ini akan terus meluas jika tidak diantisipasi secara bersama-sama. Oleh karenanya, soliditas dan sinergitas Polri bersama TNI dan Pemerintah kembali diuji, untuk dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam menjalankan  protokol kesehatan saat beraktivitas, Polri menjadi kekuatan penting dalam pengawasan pengetatan aturan pemberlakuan pembatasan

8. kolaborasi aktif TNI - POLRI dengan stakeholders serta masyarakat saat ini sangat dibutuhkan untuk  mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19.

9. Dalam rangka menghadapi krisis kesehatan, Polri dituntut proaktif mendukung optimalisasi program vaksinasi Nasional, dengan target 1 juta vaksin per hari sejak 26  juni yang kemudian ditingkatkan menjadi 2 kali lipatnya pada Agustus 2021. Melalui program ini,  kekebalan komunal (herd immunity) diharapkan dapat dengan segera tercapai dan penyebaran covid-19 dapat ditekan sebagai kontribusi nyata, secara serentak menjelang Hari Bhayangkara.

 

10. Polri dan TNI dari tingkat pusat hingga ke tingkat Polres dan Kodim sudah terlibat langsung dalam penyuntikan vaksin kepada masyarakat guna mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah tersebut.

11. Diharapkan, pelibatan Polri dan TNI dalam program vaksinasi Nasional ini dapat berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Di samping itu dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional.

12. Memiliki peran strategis dalam mengasistensi dan mengawasi pelaksanaan pendistribusian  anggaran Negara yang cukup besar yaitu Rp. 699,43 triliun dan hingga akhir juni 2021, telah terdistribusi Rp. 266,63 triliun atau 32,4% dari total anggaran pemulihan ekonomi Nasional. Oleh karenanya, Polri bertanggungjawab  mengawal pelaksanaan program untuk tepat waktu dan tepat sasaran dalam penyerapan anggaran pemerintah.
 
13. dengan bertambahnya usia polri ke depan Polri semakin profesional dan dicintai masyarakat, tentunya masyarakat sangat berharap meningkatnya profesionalitas  personel dan kualitas pelayanan publik, hal ini merupakan kewajiban setiap personel Polri, karena perkembangan di masyarakat semakin dinamis dan pola kehidupan semakin kompleks.

14. Polri sebagai interpretasi pemerintahan dalam pelayan publik senantiasa dituntut agar mampu  konsisten dalam melaksanakan tugas pokok secara proporsional dan professional.

15. Sebelum mengahiri sambutan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada para sesepuh Polri yang senantiasa memberikan masukan dan kontribusi positif untuk perbaikan Polri, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang  telah mendukung dan mengambil bagian dalam upaya mewujudkan Polri yang lebih baik. Polri bukanlah milik Polri semata namun Polri adalah milik kita semua baik pemerintah maupun masyarakat, selain itu kami juga memohon doa, dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen  masyarakat dalam menjaga kamtibmas yang kondusif di wilayah nusa tenggara timur. Karena doa dan dukungan dari semua pihak sangat kami butuhkan dalam mewujudkan harapan pemerintah dan masyarakat.

Setelah Kapolres Sumba Barat membacakan amanat Kapolda NTT, dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Sumba Barat ;

1. pada kesempatan yang meraibahagiakan ini, saya atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Sumba Barat, mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-75 kepada seluruh personel dan keluarga besar Polres Sumba Barat yang sangat saya cintai dan saya banggakan. Diiringi dengan ucapan terima kasih atas segenap kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang telah dipersembahkan demi kemajuan dan kebaikan Sumba Barat. Semoga pengorbanan yang tulus ikhlas tersebut dapat bermanfaat bagi kejayaan Bangsa dan Negara serta bernilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

2. Peringatan Hari Bhayangkara tahun ini hendaknya dapat dijadikan sebagai wahana evaluasi dan introspeksi bagi seluruh insan Bhayangkara di dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian. Saya juga mengharapkan momentum ini dapat dijadikan kesempatan untuk memperkuat tekad Polri agar tetap konsisten mempererat kemitraannya dengan masyarakat dan sekaligus menjadikan Hari Bhayangkara sebagai milik segenap warga masyarakat yang merupakan bagian terpenting dalam upaya pemeliharaan kamtibmas.

3. Sepanjang 75 tahun perjalanan sejarah pengabdiannya, Polri telah dihadapkan pada berbagai tantangan, hambatan dan cobaan yang tidak ringan. Banyak jasa Polri yang telah diberikan kepada masyarakat, Bangsa, dan negara. Namun seringkali jasa dan keberhasilan Polri dianggap hal yang biasa. Tetapi hal ini harus dimaknai sebagai proses untuk mematangkan, memperkaya dan memperkuat nilai-nilai kejuangan insan bhayangkara sejati.

4. Apalagi saat ini Polri diperhadapkan pada aksi-aksi kejahatan dengan berbagai modus, konflik horizontal dan isu primordial seperti isu suku dan ras sebagai pemecah Bangsa yang semakin meningkat, aksi terorisme serta penanganan kelompok radikal. Sangat dibutuhkan profesionalitas Polri sehingga situasi dan kondisi dalam negeri saat ini aman dan kondusif. Hal ini sebagai kontribusi Polri yang signifikan dalam mendukung kelancaran pembangunan nasional.

5. Dalam rangka menekan penyebaran covid-19 hanya dapat ditempuh melalui upaya bersama. Saya mohon kepada bapak, ibu, saudara-saudara, dan kita semua untuk tidak ragu divaksin dan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan. Sekali lagi saya ingatkan, tinggalah di rumah selama tidak ada kebutuhan yang mendesak.

6. Saya berharap anggota Polri senantiasa memberi contoh dalam kepatuhan dan ketaatan kepada hukum, keteladanan tersebut merupakan cara yang lebih efektif untuk mendidik masyarakat agar senantiasa patuh dan taat hukum. Dalam penegakan hukum Polri harus tegas, tidak diskriminatif dan perkecil dampak sosialnya. Karenanya penguasaan hukum, taktis dan teknis kepolisian harus terus menerus dilatih agar anggota polri benar-benar terampil dan profesional dalam melaksanakan tugasnya.

7. Kita berharap melalui momentum hut bhayangkara ke-75 ini, Polri terus menjaga kinerja dengan memperbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif, memantapkan solidaritas internal dan profesional untuk Indonesia yang berdaulat dan mandiri. Optimalkan modernisasi untuk meningkatkan pelayanan publik serta menjaga kesiagaan dengan strategi profesional proaktif dengan. Cara tingkatkan kerjasama, koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen.

Bupati Sumba Barat mengakhiri sambutan tersebut dengan mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke - 75, semoga kedepannya Polri selalu Presisi demi masyarakat, Bangsa dan Negara. 

Kegiatan tersbut berakhir pada pukul 12.00 Wita.
 

Penulis ; Kumbara
Penulis  ; Konan
Penulis ; Jamet
Editor ; Bento.