Cegah Wabah PMK di Wilayah Sumba Barat, Bhabinkamtibmas Gencar Imbau Warga

Cegah Wabah PMK di Wilayah Sumba Barat, Bhabinkamtibmas Gencar Imbau Warga
Bhabinkamtibmas Polsek Loli menyambangi warga Desa Kalimbukuni. Senin (5/8), pagi. (Dok: Bhbin Sek Loli).

Tribratanewssumbabarat.com; Polres Sumba Barat, Bhabinkamtibmas Polsek Loli Bripka Rai Come menyambangi salah warga binaannya Desa Kalimbukuni, Kecamatan Kota Waikabubak. Senin (5/9/2022), pagi.

 

Bripka Rai menjelaskan ke warga, kedatangannya bertujuan untuk melakukan pengecekan hewan ternak warga sebagai upaya deteksi dini terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

 

“Guna memastikan hewan ternak warga bebas dari PMK, kami terus mengunjungi para peternak,” ujarnya.

 

Dalam kunjungannya, Bripka Gede mengedukasi warga untuk senantiasa menjaga kebersihan kandang dan memberikan vitamin guna menjaga kesehatan hewan ternak.

 

“Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan penyemprotan disinfektan serta selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat,” imbuhnya.

 

Sementara itu, ditempat terpisah Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., mengimbau warga untuk tidak panik apabila mendapati hewan ternaknya mengalami gejala PMK.

 

“Jangan khawatir, karena penyakit ini tidak menular pada manusia melainkan hanya pada hewan saja,” jelasnya.

 

Polres Sumba Barat dan jajarannya akan terus mengecek ternak warga serta memberikan imbauan guna mencegah penyebaran wabah PMK diwilayah hukumnya.

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.