Cegah Penyebaran Virus PMK di Kabupaten Sumba Barat Dan Sumba Tengah, Polres Sumba Barat Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas

Cegah Penyebaran Virus PMK di Kabupaten Sumba Barat Dan Sumba Tengah, Polres Sumba Barat Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas
Bhabinkamtibmas Polres Sumba Barat Saat Melaksanakan Giat Sambang Melakukan Pengecekan Hewan Ternak Terkait Dengan Penyebaran Virus PMK

 

 

Tribratanewssumbabarat.com - Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi,kambing dan hewan ruminasia laninya, melalui Kasat Binmas AKP Mansur, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata,S.I.K,M.H.,  memerintahkan para Bhabinkamtibmas melakukan sambang Desa serta patroli dialogis dengan sejumlah warga peternak sapi di wilayah binaannya masing-masing.

 

Seperti yang dilakukan Personel Bhabinkamtibmas Polres Sumba Barat Briptu Gede Adi Suardhiawan melaksanakan sambang di rumah ibu Marlin Wutunenga Kelurahan Kampung Baru,Kecamatan Kota Waikabubak,Kabupaten Sumba Barat Kamis,(21/07/22)

 

Kegiatan Sambang Desa dan patroli dialogis tersebut merupakan kegiatan rutin, terkait dengan maraknya penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak sapi yang terjadi di beberapa wilayah lain,Jelas Kasat Binmas.

 

“Saat ini seluruh Bhabinkamtibmas Jajaran melaksanakan pengecekan, pendataan terhadap peternak di wilayah binaannya sekaligus mengingatkan masyarakat, khususnya peternak, agar mewaspadai penularan PMK,” kata AKP Mansur.

 

bagi masyarakat yang memiliki hewan ternak seperti sapi dan kambing bahwa salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, dan memeriksakan hewan ternaknya secara rutin dan lakukan penyemprotan disinpektan agar terhindar dari virus PMK,Tambahanya.

 

Pada kesempatan tersebut Kasat Binmas tak lupa menyampaikan terimakasih kepada seluruh Bhabinkamtibmas yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

Ia juga berharap seluruh Bhabinkamtibmas meningkatkan patroli dialogis dengan warga binaan guna menjalin kemitraan serta mengedukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK. Imbuhnya.

 

 

 

Penulis : Mondy

Penulis : Jamet

Editor  : Kumbara

Penanggung jawab : Been5758