Antisipasi Penyalagunaan Senpi, Kapolsek Katikutana Pimpin Pengecekan dan Pemeriksaan Senpi

Antisipasi Penyalagunaan Senpi, Kapolsek Katikutana Pimpin Pengecekan dan Pemeriksaan Senpi
Kapolsek Katikutana AKP A. A. K. Yuliantara didampingi Propam Polsek Katikutana pada saat melakukan pengecekan dan pemeriksaan senpi yang dipegang oleh anggota Polsek Katikutana. Senin (4/4) pagi.

Tribratanewssumbabarat.com; Kepolisian Sektor Katikutana melaksanakan pengecekan dan pemeriksaan senjata api (senpi) terhadap personel Polsek yang yang memegang senpi dinas. Senin (4/4) pagi.

Pengecekan dan pemeriksaan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Katikutana AKP A. A. K. Yuliantara yang didampingi Propam Polsek Katikutana, usai apel pagi. 

“Pemeriksaan meliputi kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya. Tujuannya untuk memastikan senpi dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan,” ujar AKP Yuliantara saat dikonfirmasi Humas Polres Sumba Barat.

AKP Yuliantara menuturkan, senpi yang dipegang anggota Polri berfungsi untuk melindungi masyarakat ketika menjalankan tugas menjaga kamtibmas. Oleh sebab itu, pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas rutin digelar.

“Tidak semua personel diizinkan untuk memegang senpi dinas. Personel yang memegang senpi dinas harus memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan. Senpi untuk melindungi masyarakat ketika bertugas,” jelas Kapolsek.

Ditempat terpisah, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata mengatakan, anggota Polri yang memegang senpi dinas harus memenuhi beberapa syarat antara lain dinyatakan sehat dan lulus tes psikologi serta mempunyai mental kepribadian yang baik. Selain itu, personel yang mendapat prioritas memegang senpi pinjam pakai adalah mereka yang bertugas di bidang operasional.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anggota semakin disiplin dalam menggunakan senjata, sehingga kedepannya tidak ada anggota Polri khususnya anggota Polsek Katikutana yang melakukan penyalahgunaan senjata api,” tandasnya.

 

 

Penulis : Kumbara

Editor   : Konan

Editor   : Jamet

Penanggung jawab : Been7.